Walikota Tomohon: Ketahanan Pangan Prioritas Pembangunan Nasional

Reporter : | 09 Dec, 2014 - 16:29 WITA

TOMOHON, (manado24.com) – Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak mengungkapkan, ketahanan pangan merupakan prioritas pembangunan nasional.

Hal ini diungkapkan walikota  ketika membuka kegiatan pertemuan dewan ketahanan pangan Kota Tomohon tahun 2014 yang dilaksnakan di aula kantor Walikota, Selasa (09/12/2014).

“Dalam UU Nomor 18 Tahun 2002 tentang pangan mengamanatkan bahwa pemerintah dan masyarakat berkewajiban untuk mewujudkan ketahanan pangan. Ini berarti bahwa pembangunan ketahanan pangan merupakan tanggungjawab bersama antara pemerintah dan masyarakat, tegas Eman.

Ditambahkannya untuk mewujudkan pembangunan ketahanan pangan di daerah maka diperlukan sinergitas antara pemerintah, masyarakat serta stakeholders lainnya sehingga terwujud suatu ketahanan pangan yang kokoh dan mandiri.

“Saya mengajak kita semua untuk bersama-sama membangun ketahanan pangan menuju kedaulatan pangan yang menjadi harapan kita semua, mari kita semua ciptakan masyarakat yang sehat dan berkualitas melalui ketahanan pangan yang kuat dan mandiri,” tandas Eman.

Sementara Kepala Badan Ketahanan Pangan Kota Tomohon Ir Nova S Rompas MSi sebagai pihak penyelenggara dalam laporannya mengatakan, dewan ketahanan pangan dibentuk melalui SK Walikota Nomor 143 Tahun 2013.

”Dengan  tugasnya untuk mengkoordinasi, merumuskan kebijakan di bidang ketahanan pangan di Kota Tomohon yang meliputi ketersediaan, distribusi dan konsumsi serta mutu gizi dan keamanan pangan, serta mengevaluasi dan mengendalikan pelaksanaan pemantapan ketahanan pangan,” kata Rompas.

Hadir sebagai narasumber para Dewan Ketahanan Pangan Kota Tomohon, Sekretaris Badan Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Utara Ir Lucia Turangan MSi, Pejabat jajaran Pemkot Tomohon, Wakapolres Kompol Alfianto Djojohikrat, Perwira penghubung Mayor Inf I Ketut Sudana. (ark)

Baca Juga :

1 comment

  1. demetrius S Pangalila,SP says:

    setuju pak wali, tapi jangan lupa petani adalah pelaku,penanam pangan itu sendiri,lindukngi kami petani Tomohon, pasti kami akan Kuat dan membangun Tomohon

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on