Warga Sulut Diminta Waspada Beli Ikan di Pasar

Reporter : | 09 Dec, 2014 - 21:55 WITA

Sorongan: Ikan Hasil Tangkapan Menggunakan Bom dan Sianida Diduga Beredar di Pasar

SULUT, (maado24.com) – Warga di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) diminta supaya waspada ketika membeli ikan di pasar, untuk dikonsumsi. Pasalnya, ikan yang disinyalir hasil tangkapan menggunakan bom dan sianida, diduga beredar di sejumlah pasar di Sulut.

“Warga harus teliti membeli ikan, sebab diduga ikan hasil tangkapan dengan menggunakan bom dan sianida, beredar di pasar. Ini juga disebabkan, maraknya penangkapan ikan dengan menggunakan bom dan sianida,” ujar Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Pemprov Sulut Ir. Ronald Sorongan.

Dijelaskan dia, cirri-ciri ikan yang terkena bom, dilihat dari pecahnya perut ikan, daging jadi lunak atau hancur, kulit rusak, dan sisiknya terkelupas.

“Di beberapa bagian lain, mata memutih, sebagian merah bengkak karena pembuluh darahnya pecah, atau hilang salah satu matanya. Artinya, jangan beli ikan yang demikian,” terang Sorongan.

Ditambahkannya, kerusakan atau perubahan ikan yang ditangkap dengan bahan kimia berbahaya serta mematikan sianida, yakni bagian di bawah tutup insang tampak membiru, kerusakan pada ujung ekor, dan kulit dibagian perut.

“Oleh karena itu, masyarakat harus hati-hati untuk membeli ikan,” ingat Sorongan lagi. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on