Dana PSKS Morea Satu Mitra Diduga Dipotong Rp60 Ribu

Reporter : | 11 Dec, 2014 - 12:22 WITA

RATAHAN, (manado24.com) – Penyaluran Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) bermasalah. Sebanyak 68 warga penerima dana bantuan di desa Morea Satu, Kecamatan Ratatotok jadi korban. Penyaluran bantuan PSKS yang dianggarkan sebesar Rp400 ribu diduga dipotong sebanyak  Rp60 ribu. Warga pun mengeluhkan kinerja Kantor Pos Belang dan Pemerintah Desa.

Nevry Tongkotow, warga desa Morea Satu, kepada wartawan Rabu (10/12/2014) kemarin menuturkan, bantuan tersebut bukan diberikan oleh pihak kantor pos secara langsung melainkan melalui pemerintah desa yang diwakili Sekdes setempat.

Bahkan bukti kuitansi pembayaran sudah tercantum potongan sebesar Rp60 ribu untuk biaya transportasi petugas kantor pos. “Pemotongan dana dilakukan sepihak tanpa kesepakatan terlebih dahulu dengan warga penerima. Bahkan bukan kami yang melakukan tanda tangan melainkan pemerintah desa dalam hal ini Sekdes. Padahal, setahu kami mekanisme yang sebenarnya harus warga penerima yang menandatanganinya bukan perwakilan,” keluh Tongkotow.

Kepala Kantor Pos Belang, Ordy Rantung saat dikonfirmasi membantah keras kalau pihaknya melakukan hal seperti itu.  “Kami tidak pernah melakukan pemotongan dana PSKS kepada warga karena itu merupakan hak mereka. Apalagi terkait penandatangan yang dilakukan oleh pihak pemerintah desa sebagai perwakilan sangat tidak mungkin terjadi karena mekanismenya harus penerima yang menandatanganinya secara langsung,” ungkapnya.

Pihaknya kata dia, telah melakukan koordinasi dengan staf yang bertugas mendistribusi di Morea Satu bahwa dana PSKS tersebut diserahkan langsung ke warga penerima dan didampingi oleh Pemerintah desa dalam hal ini Sekdes. “Staf saya mengaku menyerahkan langsung kepada warga dan tidak meminta potongan,” tuturnya. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on