Bantuan Bedah Rumah Kementrian Sosial di Mitra Dinilai tak Tepat Sasaran

Reporter : | 12 Dec, 2014 - 19:55 WITA

RATAHAN, (manado24.com) – Warga Tombatu Timur mempertanyakan bantuan bidang sosial untuk rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra). Pasalnya, bantuan ini dinilai tidak begitu tepat sasaran karena masih ada keluarga lainnya yang sebenarnya lebih layak mendapatkan bantuan ini ketimbang yang ditentukan mendapatkannya.

“Jadi ada warga sebenarnya lebih layak dibantu karena rumahnya yang memprihatinkan. Tetapi justru bantuan bedah rumah ini diberikan kepada keluarga lain,” kata Maxi Lesar, warga di Kecamatan Tombatu Timur, Kamis (11/12/2014).

Selain itu, menurut Lesar, pengelola bantuan ini juga terkesan tidak transparan dengan budget Rp10 juta per unit rumah yang direhab.

“Buktinya ketika tuan rumah menanyakan jumlah pembelanjaan, tidak diberitahukan. Ini mengundang kecurigaan juga, apakah pengeluaran sudah mencapai angka itu atau belum, masyarakat tidak tahu,” sebutnya.

Sementara Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial Kabupaten Mitra, Drs Hans Mokat mengakui bahwa memang Kabupaten Mitra menerima bantuan dari Kementerian Sosial untuk berupa rehabilitasi RTLH dengan anggaran Rp10 juta per unit.

“Ada empat desa di Mitra yang mendapatkan bantuan itu, dan dikerjakan di 2014. Mereka yang mendapatkan bantuan 2014 ini berdasarkan pendataan pada 2013 silam. Jadi, bisa saja dalam setahun terakhir terjadi perubahan kondisi sehingga ada yang menilai keluarga bersangkutan sudah tidak lagi layak untuk dibantu,” ungkapnya.

Lanjut Mokat, yang namanya bantuan dari pemerintah pusat, pasti terbatas, dalam arti bahwa tidak akan bisa mencakup semua keluarga yang pantas mendapatkan RTLH itu.

“Pasti tidak semuanya bisa terjangkau dengan bantuan ini. Ada yang mungkin tidak kebagian. Kita harap ini dapat dimaklumi karena keterbatasan,” tukasnya. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on