Sudah Puluhan Ribu Alat Kontrasepsi Disebar, Angka Kehamilan di Bitung (Masih) Tinggi

Reporter : | 13 Dec, 2014 - 10:14 WITA

BITUNG, (manado24.com) –Meskipun puluhan ribu alat kontrasepsi telah disebar Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Daerah (BKKBD) Kota Bitung, sejak Januari hingga September 2014 , yang dilaksanakan guna mensukseskan program Keluarga Berencana (KB) namun angka ibu hamil di Kota Bitung masih tergolong tinggi.

Dari data yang diperoleh di BKKBD Kota Bitung didapati angka kehamilan hingga September 2014 yakni, 1043 wanita berpasangan, 1885 keluarga ingin segera punya anak, 1541 keluarga ingin anak ditunda dan 1516 keluarga tidak ingin mempunyai anak lagi.

“Puluhan ribu alat kontrasepsi meliputi 1465 kondom, 4963 implan/susuk, 19.944 suntikan dan 13.732 pil, belum dapat menekan angka kehamilan,” ujar Kepala BKKBD dr Franky Soriton.

Angka ini menurut Soriton, belum termasuk kehamilan diluar nikah, yang tidak terdeteksi karena malu memeriksakan kandungan di Puskesmas atau Rumah Sakit. “Disamping itu tingginya angka kehamilan salah satu penyebabnya karena beberapa pasangan tak mau menggunakan alat kontrasepsi,sehingga kehamilan tak bisa dihindari,” paparnya.

Namun begitu, Soriton mengatakan pihaknya akan terus mensosialisasikan program KB dua anak cukup, guna menekan laju pertumbuhan penduduk di Kota Bitung . (lou)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on