Sulut Kaya Potensi Sumber Daya Biologi Laut

Reporter : | 13 Dec, 2014 - 22:37 WITA

SULUT, (manado24.com) – Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menjadi salah satu daerah di Indonesia yang kaya akan potensi sumber daya biologi laut. Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Sulut DR. Djouhari Kansil MPd, saat menjadi pembicara di workshop Nasional Tentang peluang dan tantangan dalam memajukan kemaritiman di Sulut, Sabtu (13/12/2014).

djauhari kansil, wagub sulut

Djouhari Kansil (sumber foto: facebook.com/dkansil/)

Menurut Kansil di kegiatan yang digelar Biro Pemerintahan dan Humas dengan tema ‘Sulut Siap Bangun Kemaritiman Nasoinal Menuju Pintu Gerbang Asia Pasifik’, tak kurang dari 7000 spesies biota laut yang dikenal di dunia, dan 60 persen dari 2000 jenis yang ada di perairan Indonesia, berada dan bisa ditemukan di perairan Sulut.

“Belum lagi ciri khas spesies-spesies unik yang terdapat disepanjang garis walacea. Selain itu, 75 persen dari spesies keragaman terumbu karang terdapat di perairan Sulut,” jelasnya.

Dijelaskan Kansil potensi sumber daya biologi yang mempunyai arti strategis sebagai sumber makanan dan obat-obatan bagi umat manusia, diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya sebab memiliki nilai ekonomi yang tinggi. “Termasuk habitat hutan bakau yang diperkirakan mempunyai luas sebesar 29.500 H,” lanjutnya.

Disisi lain kata dia, secara biologi kawasan pantai dan laut perairan Sulut, mempunyai arti global karena merupakan tempt berteluar ikan-ikan migran seperti tuna, lumba-lumba, serta berbagai jenis ikan pau dan penyu.

Diketahui, dalam workshop tersebut menghadirkan pembicara yakni pakar perikanan dan kelautan Prof DR. Ir. S Berhimpon, Dr Noldy Tuerah, dan Kepala Dishubkominfi Sulut Drs. Joy Oroh. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on