Sembel: Posisi Lemah Pemkot Tomohon Ada di Kabag-Kabag Sekretariat Daerah

Reporter : | 15 Dec, 2014 - 16:35 WITA

TOMOHON, (manado24.com) – Mantan anggota DPRD Tomohon Drs Paulus A Sembel mengungkapkan, kelemahan pemerintahan di Tomohon saat ini ada di jajaran Kabag-Kabag di Sekretariat Daerah.

Menurutnya, kapabilitas dan moralitas kerja seorang pejabat penting dikedepankan agar menjadi cerminan pemerintahan yang benar-benar good governance dan clean goverment.

”Dalam rolling yang katanya dilaksanakan dalam waktu dekat, supaya walikota memperhatikan masalah-masalah ini. Yang tidak mampu menjalankan tupoksi, ganti dengan yang mampu,” ujar mantan Ketua Komisi A yang membidangi pemerintahan di DPRD Tomohon.

Dalam menempatkan pejabat lanjut Sembel yang juga pemerhati pemerinntahan di Kota Tomohon, walikota harus mengedepankan  pertimbangan kapasitas yakni kompetensi, integritas, loyalitas, moralitas, profesionalisme, persyaratan administrasi serta nilai pengabdian dan komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab kepada daerah dan masyarakat yang akan mereka layani.

”Para pejabat harus memiliki  kemampuan  manajerial yakni administrasi dan manajemen serta kemampuan teknis operasional yang didukung dangan penguasaan sistem, tata cara dan prosedur kerja yang sacara  normatif tertuang dalam peraturan perundang-undangan yang  berlaku,” tandas Sembel.

Walikota tambahnya, sebaiknya tidak memposisikan calon pejabat yang hanya cari muka dan sok rajin tapa hasil kerja di bawah standard.

”Pejabat rajin dan mampu dalam melaksanakan tupoksinya, itu yang dibutuhkan Kota Tomohon sekarang. Pak wali juga jangan  pakai pejabat yang tidak komitmen dalam melaksanakan tugas dan yang tidak mampu menerjemahkan tupoksinya sendiri karena mereka jelas-jelas  menyulitkan walikota dan sangatp membebani Jalannya pemerintahan di Kota Tomohon,” tukas Sembel. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on