SHS Hadiri Upacara Hari Nusantara Tingkat Nasional

Reporter : | 15 Dec, 2014 - 21:55 WITA

KOTABARU, (manado24.com) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) DR. Sinyo Harry Sarundajang (SHS), menghadiri perayaan Hari Nusantara Tingkat Nasional Tahun 2014, yang dilaksanakan di Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin (15/12/2014).

Upacara yang dilaksanakan di Pantai Saring Laut, dipimpin Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengingatkan Hari Nusantara merupakan peringatan Deklarasi Djoeanda oleh Perdana Menteri Ir. Djoeanda terkait wilayah teritorial laut RI pada 13 Desember 1957, yang menandai 12 mil batas lebar laut wilayah Indonesia dari garis pantai yang sebelumnya hanya 3 mil.

“Dengan penetapan 12 mil wilayah laut dari garis pantai Indonesia, wilayah teritorial laut dari kepulauan di Indonesia disatukan. Hari Nusantara dianggap sebagai Deklarasi Kemerdekaan Indonesia kedua. Oleh karena itu, melalui deklarasi tersebut, Indonesia merajut dan mempersatukan kembali wilayah dan lautannya yang luas, menyatu menjadi kesatuan yang utuh dan berdaulat,” ujar Jokowi.

Dalam momentum peringatan Hari Nusantara ini, sangat penting dan sejalan dengan program Presiden Jokowi yang akan menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia dan pengembangan potensi kelautan. Hari Nusantara yang diperingati setiap tanggal 13 Desember ini, merupakan penegasan dan pengingatan bahwa Indonesia adalah Negara Kepulauan terbesar di dunia.

Dalam perayaan Hari Nusantara itu, dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (mou) tentang pengembangan potensi kawasan alur laut kepulauan Indonesia (ALKI) II oleh 11 Gubernur termasuk Gubernur Sarundajang.

“MoU ini dimaksud adalah untuk pengembangan potensi kawasan ALKI di bidang riset dan tehnologi, pariwisata, perdagangan, infrastruktur dan lingkungan hidup. Juga digagas pembentukan forum komunikasi daerah di kawasan ALKI,” terang SHS sapaan familiar Sarundajang.

Turut hadir di acara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Ristek dan Pendidikan Tinggi M Nasir, dan para Pejabat terkait dan undangan lainnya. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on