E.E. Mangindaan: Nelayan asal Nusa Utara adalah Pelaut Pejuang

Reporter : | 20 Dec, 2014 - 23:29 WITA

MANADO, (manado24.com) – Wakil Ketua MPR-RI EE Mangindaan mengatakan, nelayan Nusa Utara (Sangihe, Talaud, dan Sitaro) adalah pelaut pejuang.

Menurut dia, penyerataan tersebut sangat beralasan, sebab walaupun diterpa ombak dan gelombang deras, namun tak pantang meyerah terus berjuang untuk mengais rejeki ditengah samudra luas walaupun hanya sendirian.

“Itulah karakter nelayan nusa utara. Menjadi pelaut pejuang,” ujar Mantan Menteri Perhubungan RI, ketika memberikan sambutan natal di Forum Komunikasi Nusa Utara (FKNU) di Graha Bumi Beringin Manado, Jumat kemarin.

Disisi lain, Mangindaan menyebutkan, guna meningkatkan kesejahteraan dari nelayan di Nusa Utara, terus dilakukannya. Salah satu bukti konkritnya, saat menjabat Ketua Komisi II DPR-RI lalu, Mangindaan berhasil meloloskan Sitaro menjadi daerah otonom baru, kini daerah tersebut telah berhasil keluar dari ketertinggalan. Begitu pula ketika menjadi Menpan tak sedikit pegawai honor daerah yang berhasil diangkat menjadi PNS, begitu pula sebagai Menteri Perhubungan bantuan pembangunan dermaga, bandara Miangas, dan bandara Pihise di Sitaro kini sementara dalam pengerjaan, serta bantuan kapal laut bagi warga nusa utara telah dilakukannya.

“Tapi yang sudah saya lakukan itu, dirasakan masih terlalu sedikit. Tahun depan saya akan perjuangkan agar nusa utara bisa menjadi Provinsi, sembari meminta pertolongan doa restu dari seluruh warga nusa utara,” ujar ayah Wakil Walikota Manado Dr Harley Mangindaan yang dipercayakan sebagai Ketua Umum Panitia FK Nustar.

Diketahui, Mangindaan ketika menjabat Gubernur Sulut Periode 1995-2000 lalu, mendapat gelar adat Nusa Utara sebagai Hiabe Mamenongkati (Bintang Biduk dari Timur).

“Itu tak pernah saya lupakan,” tandas Mangindaan. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on