Satpam Harus Mampu Mendukung Keamanan dan Ketertiban

Reporter : | 31 Dec, 2014 - 09:44 WITA

Dari Upacara HUT Satpam Ke-34 di Kota Bitung

received_855011127855436BITUNG, (manado24.com) – Sebagai garda terdepan dalam menjaga keamanan masyarakat, tugas Kepolisian sangatlah berat. Karena itu disadari aparat Kepolisian tidak dapat bekerja sendiri sehingga diperlukan dukungan seluruh elemen masyarakat, termasuk peran Satuan Pengamanan (Satpam) menjaga dan memelihara keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif.

“Tujuannya satu agar masyarakat merasa aman dan nyaman dalam melakukan aktifitasnya sehari-hari, termasuk di lingkungan tempatnya bekerja,” ujar Asisten I Bagian Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung Fabian Kaloh, SIP MSI yang bertindak sebagai Inpektur Upacara pada Peringatan Hari Ulang Tahun ke-34 Satpam yang digelar di Mako Polres Bitung, Selasa kemarin.

Dalam upacara tersebut, Kaloh saat membacakan amanat Kapolri mengatakan tugas kedepan yang akan dihadapi Polri tidaklah mudah. Terlebih dalam mengamankan program prioritas pertama pemerintah yakni melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga Negara.

“Karena itulah kehadiran Satpam diharapkan mampu mendukung upaya pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, terutama pada area tugasnya, yang meliputi aspek pengaman fisik, personel, informasi, serta pengamanan teknis lainnya,” katanya.

Dan untuk mengoptimalkan pelaksanaan tugas Satpam diperlukan peningkatan kapasitas para personel, melalui penyempurnaan jenis serta mutu pelatihan yang diselenggarakan oleh Polri, maupun Badan Usaha Jasa Pengamanan yang telah memperoleh izin operasional dari Polri.

“Selain itu secara moral, integritas anggota Satpam juga perlu mendapatkan perhatian, melalui pembinaan dan pengawasan yang dilakukan oleh Polri bersama dengan Badan Usaha Jasa Pengamanan secara melekat dan terstruktur, “tukasnya.

Diketahui pada upacara yang dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Bitung, Serta sejumlah pejabat dilaksanakan penyerahan piagaM penghargaan dan hasil Lomba PBB serta senam Tongkat kepada Satpam. (lou)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on