Belum Ada Perhatian Pemkab Minsel Longsor di Kumelembuai

Reporter : | 13 Jan, 2015 - 11:28 WITA

Kumelembuai, longsor Kumelembuai, minsel, minahasa selatan, Alva Liando , Renaldo SaroinsongKUMELEMBUAI, (manado24.com) – Longsor yang melanda kecamatan Kumelembuai, yakni di ruas jalan utama memasuki desa Kumelembuai dan Desa Malola, Kamis pekan lalu, hingga kini belum mendapatkan perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel).

Akibatnya, dua ruas jalan penunjang sentra ekonomi masyarakat Kecamatan Kumelembuai hingga kini belum bisa dilalui karena masih tertimbun tanah dan pepohonan.

“Harusnya Pemkab Minsel proaktif  secepatnya membuka ruas jalan yang sampai saat ini masih tertimbun tanah dan pepohonan dan membantu warga yang terkena bencana. Apalagi dua akses jalan ini sudah hampir sepekan belum bisa dalalui. Padahal ruas jalan ini sangat penting menunjang ekonomi dan memasarkan hasil perkebunan warga, terlebih ruas jalan menuju Desa Malola yang sekitar 50 meter masih tertimbun tanah,” ketus Alva Liando dan Renaldo Saroinsong tokoh masyarakat Kumelembuai.

Meskipun memang diakui keduanya, longsor yang terjadi bukan hanya di Kecamatan Kumelembuai namun juga di sejumlah wilayah lainnya, sehingga peralatan yang digunakan tersebar di beberapa wilayah yang terkena bencana. Namun menurut Wungow,  hal tersebut bukan menjadi alasan sehingga longsor di daerah pelosok tidak bisa ditangani dengan cepat.

“Jika alat yang menjadi kendala, kan Pemkab Minsel, bisa saja meminta bantuan kepada pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) atau menyewa alat di kabupaten terdekat yang tidak mengalami bencana,” usul keduanya.

“Jika ini tidak ditangani dengan cepat yang rugi adalah masyarakat terlebih dalam beraktifitas dan memasarkan hasil pertanian,” koar Liando dan Saroinsong.

Pun demikian, keduanya meminta peran anggota DPRD dapil II Minsel dan anggota DPRD Provinsi Sulut dapil Minsel-Mitra, menyikapi permsalahan ini dengan menyuarakan bencana longsor dan penanaganannya kepada pemerintah daerah. (lou)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on