Bappeda Mitra Segera Gelar Musrenbangdes

Reporter : | 14 Jan, 2015 - 15:30 WITA

RATAHAN, (manado24.com) – Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) sementara mempersiapkan pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan di Desa (Musrenbangdes).

Hal ini menjadi salah satu bagian penyusunan APBD Kabupaten Mitra Tahun Anggaran 2016 yang ditargetkan dapat rampung sebelum September 2015 ini.

Kepala Bappeda Mitra, Drs Bonny Mokorimban MM menjelaskan, rencananya Musrenbangdes ini akan digelar pada pekan keempat dan kelima Januari ini, sehingga memasuki Februari sudah selesai dilaksanakan di 144 desa/kelurahan se Mitra.

“Kita sudah menyurat kepada setia hukumtua dan lurah soal pelaksanaan Musrenbangdes pada pekan ketiga dan keempat Januari ini,” terangnya  Selasa (13/01/2015) kemarin.

Menurut Mokorimban, usai pelaksanaan Musrenbangdes, tahapan selanjutnya adalah pelaksanaan Musrenbang tingkat Kecamatan (Musrenbangcam) yang agendanya digelar pada pekan pertama hingga pekan kedua Februari.

“Setelah itu, dilakukan forum internal di masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang kita jadwalkan sudah bisa digelar pada pekan ketiga dan keempat Februari,” ujarnya.

Forum internal SKPD tersebut  jelas Mokorimban, setiap SKPD diharapkan dapat menggelar pertemuan dengan semua stakeholders untuk membicarakan rencana program dan kegiatan yang akan dilaksanakan pada 2016 mendatang dari SKPD itu, sambil juga memperhatikan apa yang menjadi hasil Musrenbangdes dan Musrenbangcam.

Tahapan selanjutnya papar Mokorimban, renja ini kemudian dituangkan menjadi Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafond Annggaran Sementara (KUA-PPAS) dengan muara Rancangan APBD Kabupaten Mitra Tahun Anggaran 2016.

“Dengan model tahapan seperti ini, maka kita bisa memenuhi apa yang sudah ditargetkan Bupati bahwa APBD kabupaten Mitra Tahun Anggaran 2016 sudah bisa dituntaskan sebelum September 2015 ini. Makanya kita berharap tahapan yang dipaparkan tadi dapat dilaksanakan sesuai jadwal,” pungkasnya.(ten)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on