Kadis Pertanian Bitung: Areal Sawah di Tanjung Merah Tidak Boleh Beralih Fungsi

Reporter : | 17 Jan, 2015 - 12:35 WITA

BITUNG, (manado24.com) – Kelurahan Tanjung Merah Kecamatan Matuari, adalah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) atau daerah industry, yang memiliki areal persawahan terbesar di Kota Bitung. Namun ternyata, areal persawahan di Kelurahan yang berbatasan dengan Kabupaten Minahasa Utara (Minut), tidak serta merta diganti menjadi kawasan industri atau beralih fungsi.

“Sesuai aturan Undang-undang pangan, sekalipun areal persawahan milik warga, namun tidak serta-merta bisa diubah menjadi kawasan industri. Kecuali, ada daerah lain  di wilayah Kota Bitung, pengganti areal persawahan di kelurahan tersebut ,” kata Kepala Dinas Pertanian, Kehutanan dan Ketahanan pangan Kota Bitung Ir Hengky Wowor.

Apalagi kata Wowor, areal persawahan di kota Bitung sekitar 100 hektar, dengan wilayah terbesar di Keluarahan Tanjung Merah,  sudah terdata di pemerintah pusat, dengan harapan areal persawahan tersebut akan menunjang program ketahanan pangan nasional.

“Jadi intinya aral persawahan tidak bisa diubah atau beralih fungsi. Kecuali ada lahan pengganti,” tandasnya lagi. (lou)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on