Kesbangpol Sulut Akan Tertibkan LSM dan Ormas “Liar”

Reporter : | 17 Jan, 2015 - 22:22 WITA

SULUT, (manado24.com) – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) Gun Lapadengan SH, menegaskan pihaknya akan menertibkan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) yang tak terdaftar atau “liar”.

Menurut Lapadengan, pihaknya kerap menerima laporan maraknya LSM dan Ormas yang tersebar di Kabupaten/Kota di Sulut, yang diduga belum terdaftar.

“Proses penertipan, akan bekerjasama dengan kepolisian dan kejaksaan. Kegiatan ini akan dilakukan dalam waktu dekat ini,” terangnya.

Dijelaskan Lapadengan, berdasarkan Undang-undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Ormas, seluruh LSM dan Ormas harus terdaftar di Kesbangpol.

“Sejak tahun 2011 hingga akhir 2014, LSM dan Ormas yang terdaftar sebanyak 76 organiasi yang terdiri atas 30 LSM dan 46 organisasi,” katanya.

Lapadengan menambahkan, pendaftaran LSM dan ormas di Kesbangpol Sulut tak dipungut biaya. Pengurus LSM maupun Ormas yang ingin mendaftar diri, hanya perlu mendatangi kantor Kesbangpol Sulut, dengan melengkapi berkas adminstrasi yang diperlukan. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on