BW Lapian dan Henk Ngantung Dinilai Layak Sandang Pahlawan Nasional

Reporter : | 20 Jan, 2015 - 14:35 WITA

BW Lapian , Henk Ngantung,  Pahlawan Nasional , tomohonTOMOHON, (manado24.com) – Dua tokoh Sulawesi Utara BW Lapian dan Henk Ngantung dinilai sangat layak untuk menyandang Pahlawan Nasional. Ini terangkat dalam Seminar BW Lapian dan Henk Ngantung Menuju Pahlawan Nasional yang dilaksanakan di Aula Rumah Dinas Walikota Tomohon Selasa (20/01/2015).

Prof Dr Susanto Zudhi, Guru Besar Sejarah Universitas Indonesia sebagai salah satu narasumber  mengatakan, dari sisi perjuangan, perbuatannya BW Lapian sudah pahlawan.

”Apalagi yang kurang dari sosok BW Lapian. Ia merupakan pejuang yang pernah memimpin perjuangan bersenjata atau perjuangan politik. Merebut, mempertahankan. Serta mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa,” ujar Prof Susanto.

Peristiwa bermakna bagi sejarah Bangsa Indonesia yang telah dilakukan Lapian lanjutnya, antaranya perannya dalam peristiwa 14 Februari 1946, juru damai untuk mengakhiri pemberontakan Abdul Kahar Muzakkar di Sulawesi Selatan sebagai Gubernur Sulawesi.

Sementara pemateri lainnya Dr Ivan Kaunang MHum Dosen Sejarah Unsrat yang membawakan materi Henk Ngantung mengatakan, ada banyak yang dibuatnya untuk Indonesia.

”Jadi, sudah sangat layak menyandang gelar pahlawan nasional,” katanya.

Sebagai seniman yang berkiprah di dunia politik hingga menjabat Gubernur DKI Jakarta, banyak karnya Henk Ngantung yang mengharumkan nama Indonesia.

Sebut saja sketsa di tugu selamat datang Bundaran HI, Lambang Kostrad, lambang DKI Jakarta serta Renvile dan Linggarjati.
Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak sangat mendukung rencana ini dan memberikan apresiasi atas rencana mengusulkan keduanya menjadi pahlawan nasional.

Hadirin juga sepakat bahwa keduanya layak menyandang gelar pahlawan nasional

Hadir pada seminar, Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak, Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang, Ketua DPRD Tomohon Ir Miky JL Wenur bersama anggota Piet HK Pungus SPd, Djemy J Sundah SE, Maria Pioh ST serta Ir Jimmy Wewengkang MBA dan tokoh-tokoh budaya, sejarah, jajaran Pemkot Tomohon. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on