Ruata: Pengadaan Kapal Sesuai Permintaan Kelompok Nelayan Mitra

Reporter : | 20 Jan, 2015 - 15:23 WITA

RATAHAN, (manado24.com) РSoal temuan Komisi B DPRD Mitra terhadap bantuan kapal untuk kelompok nelayan, berbandrol Rp600 juta  yang diduga tidak sesuai dan tak layak untuk digunakan melaut, ternyata sudah sesuai dengan permintaan kelompok nelayan.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Mitra Ir George Ruata. Menurutnya, spek kapal tersebut disesuaikan dengan permintaan kelompok nelayan, dimana kelompok nelayan yang lebih paham dengan kondisi perairan laut yang menjadi tempat mereka menangkap ikan untuk memenuhi kebutuhannya.

“Ketika kelompok nelayan menginginkan kapal sesuai permintaan mereka, tentunya DKP menyesuaikan dengan permintaan mereka. Dan pengadaan kapal tersebut menyesuaikan spek yang diminta oleh kelompok nelayan, dan melalui kesepakatan bersama antara kelompok nelayan, pihak ketiga dan DKP, maka dilaksanakan pengadaannya,” ungkap Ruata, Selasa (20/1/2015).

(BACA JUGA: Kapal Bantuan untuk Kelompok Nelayan Mitra Dinilai tak Layak Digunakan)

Lanjut Ruata, soal pengadaan kapal, dananya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), perlu diklarifikasi, karena sumber dananya berasal dari pemerintah pusat.

“Pengadaan kapal tersebut, itu dananya dari pusat, yakni Tugas Perbantuan (TP), bukan dari DAK,” terangnya.

Sementara itu, menanggapi soal bantuan kapal tersebut, Ketua Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Mitra, Agus Mawu, mengatakan, setiap pengadaan itu harus berdasarkan spek, dan jika dinas memenuhi spek sesuai permintaan kelompok nelayan, itu tidak menjadi masalah, jika bantuan tersebut tidak menyertakan spek pengadaannya.

“Namun jika bantuan dari pemerintah pusat tersebut sudah dengan spek pengadaan, dan kemudian dinas meluluskan permintaan kelompok nelayan, dan mengikuti spek mereka, tentunya ini bisa menjadi temuan. Apalagi jika kapal tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi,” tandas Mawu. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on