Pemkot Tomohon Canangkan Gerakan Perbaikan Irigasi

Reporter : | 22 Jan, 2015 - 18:34 WITA

Pencanangan dan peletakan batu pertama pembangunan irigasi

Pencanangan dan peletakan batu pertama pembangunan irigasi

TOMOHON, (manado24.com) – Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Kamis (22/01/2015) mencanangkan Gerakan Perbaikan Irigasi bertempat di Kompleks Persawahan “Katuanaan” Taratara Kecamatan Tomohon Barat.

Selain pencanangan, juga dilaksanakan peletakan batu pertama pembangunan irigasi yang didahului dengan ibadah yang dipimpin Pdt Sintje Pandelaki-Ngantung selaku ketua BPMJ GMIM Imanuel Taratara.

Saat memberikan sambutan, Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak mengatakan, pencanangan ini dimaksudkan agar Tomohon bisa menghasilkan beras yang cukup menuju Swasembada Pangan tahun 2017.

”Dengan adanya irigasi, padi yang ditanam petani bisa menghasilkan banyak sehingga bisa mencukupi kebutuhan masyarakat Tomohon,” kata walikota.

Ditambahkannya, pemerintah kota berkomitmen untuk menyukseskan program pemerintah pusat, bahkan melalui bantuan pemerintah pusat dalam rangka menunjang berbagai fasilitas persawahan seperti saluran irigasi.

”Tentunya akan membantu sekaligus memberikan motivasi kepada para petani dalam rangka mengembangkan pengasilan para petani,” tandas Eman.

Sementara Kadis Pertanian Peternakan dan Perikanan Kota Tomohon Ir Ervinz DH Liuw MSi dalam laporannya mengatakan, saat ini pemerintah pusat melalui kementerian pertanian RI telah memberikan bantuan perbaikan irigasi sekitar 200 hektar. Luas persawahan seluruhnya di Kota Tomohon ada 800 hektar lebih.

”Tentunya, dengan adanya bantuan ini akan sangat membantu fasilitas pengairan persawahan bagi para petani persawahan,” terang Liuw.

Dandim 1302 Minahasa Letkol Kaveleri Teguh Hari Susanto menuturkan pihak TNI saat ini disetiap daerah akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah melalui instansi terkait untuk bekerjasama dalam mewujudakan swasembada pangan di Indonesia tiga tahun ke depan termasuk di Tomohon.

”Kami sementara melatih anggota TNI untuk terlibat dalam mengolah pertanian persawahan bekerja sama dengan para penyuluh dan pelaku pertanian persawahan,” kata Dandim.

Hadir dalam kegiatan tersebut Danramil Tomohon Kapten Inf Veky Welang, BPTP Provinsi Sulut Dr Ir Abdul Wahid, anggota DPRD Frets Keles ST dan Maria Pioh ST, Camat Tomohon Barat Syske Wongkar SPd, Lurah Taratara I Rompis Moningka Osak SP, serta para kelompok tani penerima bantuan irigasi tahun 2015. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on