Pemkab Mitra Rampungkan Laporan Keuangan dan Aset Daerah

Reporter : | 22 Jan, 2015 - 20:01 WITA

 

RATAHAN,(manado24.com)- Laporan Keuangan dan Aset dari setiap SKPD di lingkungan Pemkab Minahasa Tenggara (Mitra) telah rampung dan tinggal diinput, untuk diakumulasikan ke Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD).

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Mitra Ir BA Tinungki MEng. Menurutnya, LKPD harus tuntas agar segera diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Selesainya LKPD, itu tergantung SKPD segera menginputnya dan sampai tadi malam, sudah selesai. Semua sudah tuntas, di mana 42 SKPD sudah menyelesaikannya,” ungkap Tinungki, Kamis (22/1/2015).

Dikatakannya, sebelum LKPD dibawa ke BPK, Pemkab Mitra meminta arahan dari pihak BPKP Perwakilan Sulut, melalui sosialisasi tentang persiapan implementasi standar akutansi pemerintah berbasis akrual pada pemerintah daerah

“BPKP sampai pekan depan akan membantu asitensi pelaporan yang ada dan setelah selesai, laporan masing-masing SKPD yang diakumulasi pada LKPD, akan diteliti kembali oleh Inspektorat sebelum dibawa ke BPK untuk diperiksa,” jelas Tinungki.

Sementara itu, dengan adanya sosialisasi tersebut, kepala SKPD, Sekretaris, Bendahara, Kabag, Kabid, dan Kasie, didorong untuk memahami dan mampu mengimplementasikan standar akutansi berbasis akrual.

“Memang yang menjadi persoalan sekarang adalah SDM, yang memang perlu dibimbing terus melalui pelatihan dan langsung pada prakteknya,” ujar Tinungki, usai membuka sosialisasi mewakili Bupati James Sumendap SH, seraya mengingatkan jajaranya, jangan menunda-nunda tugas dan tanggug jawab yang diberikan.

Sementara Kepala BPKP Perwakilan Sulut Drs Adil Hamonangan Pangihutan, dalam materinya menyampaikan peran BPKP dalam persiapan implementasi standar akutansi pemerintah berbasisi akrual pada pemerintah daerah.

“Ini bertujuan agar dapat terwujudnya tata kelolah pemerintahan dan administrasi keuangan daerah yang baik,” tandasnya. (ten)

 

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on