Pengambilan Sertifikat Prona di BPN Mitra Kembali Bermasalah

Reporter : | 24 Jan, 2015 - 12:59 WITA

RATAHAN, (manado24.com) – Masyarakat Mitra kembaliĀ  mempertanyakan kinerja Badan Pertanahan Nasional (BPN) Mitra, pasalnya pembuatan sertifikat Program Nasional (Prona) di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) ada beberapa oknum yang memanfaatkan pembuatan sertifikat ini guna menghasilkan uang yang tak wajar.

Hal ini diungkapkan, sebagian warga di desa Lobu, Kecamatan Touluaan, kepada wartawan, Kamis (22/1/2015) kemarin. Menurut mereka, sertifikat Prona yang diurus sejak 2012 lalu belum juga diterima hingga saat ini.

“Padahal semua berkas sudah dilengkapi. Apalagi yang menjadi permasalahan sehingga sertifikat belum juga kami terima,”keluh D Masie, warga desa Lobu.

Stien Mokodompit warga Lobu mengungkapkan, sertifikat tersebutĀ  sudah ada dan pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) Mitra selaku penanggung jawab pembuatan sertifikat Prona ini telah menitipkannya pada salah satu staf yang bernama Panji.

“Kami telah mendapat informasi kalau sertifikat itu sudah diberikan kepada pak Panji. Namun, ketika kami mau minta, ternyata sertifikatnya telah diserahkan kepada salah satu oknum berinisial AA alias Arnold,” ungkap Mokodompit.

Lebih parah lagi, dilanjutkannya, ketika diminta, AA malah meminta uang sebesar Rp500 ribu dengan alasan ongkos ambil sertifikat. “Sedangkan menurut info dari pak Panji kalau sertifikat itu diminta oleh AA dengan alasan akan membantu menyalurkan kepada, tapi faktanya AA malah memeras kami,” tuturnya seraya mempertanyakan kinerja BPN.

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Mitra, Remilin Sinurat, melalui Kepala Tata Usaha (KTU), Flortje Mamengko mengatakan, untuk mengambil sertifikat Prona ini harus pemohon langsung ataupun pemerintah desa yang datang ke kantor BPN dan tidak dititipkan.

“Jika ada orang lain yang mengambil harus disertai surat kuasa dari pemerintah desa baru akan diserahkan. Kalau tidak disertai itu maka tidak akan diberikan sertifikat Prona,” jelasnya.(ten)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on