Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Reporter : | 27 Jan, 2015 - 19:58 WITA

Gubernur Sulut

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China.

SULUT, (manado24.com) – Ini menjadi kabar baik untuk Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Pasalnya, pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kota Bitung, menjadi salah satu daftar kerjasama investasi antara pemerintah China dan Indonesia.

Menurut Gubernur Sulut DR. Sinyo Harry Sarundajang (SHS) melalui juru bicara Pemprov Sulut Yahya Rondonuwu, Indonesia dan China telah membahas kerjasama investasi dalam pertemuan “High Level Economic Dialog China dan Indonesia” di Beijing.

Dijelaskan Rondonuwu, Gubernur Sarundajang menjadi salah satu delegasi Indonesia pada pertemuan itu, dimana mendapat tugas khusus (special envoy) ikut bersama Menteri Koordinator Perekonomian Sofian Djalil dan Menteri Perindustrian Saleh Husin, di agenda dengan misi pengembangan kerjasama bidang ekonomi Indonesia-China.

“Kunjungan kenegaraan ini adalah misi tindaklanjut dari pertemuan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dengan Presiden China Xi Jinping, pada waktu APEC Leaders akhir 2014 lalu di Beijing,” ujar Rondonuwu.

Kata Rondonuwu lagi, dalam pertemuan itu Menko Perekonomian China dan Menko Perekonomian Indonesa Sofian Djalil, membahas inisiatif pengembangan ekonomi berkaitan dengan Poros Maritim Presiden RI Joko Widodo yang sejalan dengan Jalur Sutera Maritim yang dikembangkan Presiden China Xi Jinping. Selain itu, dibahas perencanaan strategis dalam berbagai bidang peningkatkan hubungan kerjasama bidang perekonomian, kerjasama keuangan, perdangangan, perindustrian, kerjasama infrastruktur dan investasi serta kerjasama luar negeri antar China dan Indonesia.

“Saat ini nilai investasi dari China di Indonesia sebesar 5,5 Miliar US Dolar dan dari Indonesia ke China 2,5 Miliar US Dolar,” terangnya.

Menko Perekonomian Sofian Djalil di pertemuan itu lagi, memaparkan pembangunan proyek-proyek infrastruktur berskala besar di Indonesia, diantaranya Jalan, Jembatan, Bendungan, Power Plant, Bandara, Pelabuhan laut dan Pembangunan Kawasan Industri.

Sementara Gubernur Sarundajang, diminta menjelaskan secara detail progress pengembangan KEK Bitung, Pembangunan Jalan Toll Manado-Bitung, dan Pengembangan Industri-Industri Perikanan, serta Agro-Industri, termasuk memaparkan proyek-proyek yang siap untuk ditawarkan ke investor, seperti Geothermal di Minahasa, Bolmong, dan Bitung serta Pengembangan Pelabuhan di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Talaud dan Sitaro.

“Pada pertemuan itu lagi, atas restu Menko Perekonomian Sofian Djalil, Gubernur Sarundajang menandatangani nota kesepahaman dengan Presiden CCCC (China Communication Construction Company Limited) atau kerja sama pengembangan infrastruktur kawasan industri, CCCC yang merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara,” kata Rondonuwu.

Di kunjungan itu lagi, delegasi Indonesia mengadakan pertemuan dengan Perdana Menteri China Li Keqiang, selanjutnya mengikuti pertemuan kerjasama keuangan antara Presiden Bank Export Import China, China Development Bank dan Bank Indonesia untuk membicarakan implementasi pendanaan pembiayaan bidang perdangan dan investasi.

“Mimpi ini akan menjadi kenyataan. Saya berharap bisa diteruskan oleh Gubernur yang akan menggantikan saya untuk pembangunan Sulawesi Utara lebih maju lagi di Era Kebangkitan Pasifik,” tandas Rondonuwu mengutip pernyataan Gubernur Sarundajang.

Ditambahkannya, ikut dalam rombongan delegasi Indonesia diantaranya para Pejabat Eselon I dari Menko Perekonomian, Kemenlu, Bappenas, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Bank Indonesia dan Dirut PLN. Sedangkan dari Sulut, diantaranya Assiten II bidang Perekonomian Setdaprov Sulut Sanny Parengkuan, Staf Khusus Gubernur Franky Manumpil, dan Shelly Sondakh dari Pokja KEK Sulut. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on